Lestari, Fausia Ayu Lestari (2019) Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Kantor Lurah Parang Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.
1510421031 FAUSIA AYU LESTARI.pdf
Download (5MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat pendapatan UMKM di Kelurahan Tamlanrea Kota Makassar dimasa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti menggali informasi mengenai permasalahan yang dialami oleh UMKM di Kelurahan Tamalanrea Kota Makassar selama masa pandemi Covid-19 kemudian peneliti menarik kesimpulan terhadap kasus tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan Dari jenis-jenis pelaku UMKM yang berada di wilayah Kelurahan Tamalanrea diketahui 5 jenis usaha yaitu penjual gorengan, warung nasi, counter pulsa dan data, penjual kosmetik, dan penjual bakso mengalami penurunan pendapatan tetapi tidak terlalu menurun hanya mengalami penurunan hingga 20%-25%. 1 jenis usaha diantaranya yaitu penjual sembako yang tidak mengalami penurunan pendapatan selama masa pandemi pendapatan usaha tersebut tetap stabil, Dan 3 jenis UMKM lainnya yaitu laundry, penjual pakaian, dan tempat fotocopy yang mengalami penurunan pendapatan secara drastis hingga 50%-60% bahkan ada 1 jenis usaha yaitu jenis usaha laundry pada awal pandemi terpaksa harus menutup usahanya selama kurang lebih 1 bulan. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan dari pemerintah yaitu penerapan PSBB dan pembatasan jam operasional berdagang. Upaya yang dilakukan oleh sebagian pelaku UMKM yang berada di Kelurahan Tamalanrea untuk meningkatkan pendapatan tanpa melupakan kebijakan dari pemerintah yaitu dengan cara melakukan inovasi produk, menambah variasi menu/produk,penurunan harga,serta memanfaatkan sosial media dengan menjual secara online menggunakan aplikasi shopee food, faceebook.dan instagram.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kepuasan, Kualitas Pelayanan Publik |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Ilmu-Ilmu Sosial > S1 Manajemen |
Depositing User: | Admin Repository UNIFA |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 03:09 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 03:09 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/173 |