Tamrin, Andi Febriana and Yanti, Yanti (2019) Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Masyarakat Pegunungan di Desa Betao Kabupaten Sidrap. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15 (2). pp. 61-72. ISSN P: 1858-3571 E: 2580-9628
PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS MASYARAKAT PEGUNUNGAN DI DESA BETAO KABUPATEN SIDRAP.pdf
Download (173kB)
PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS MASYARAKAT PEGUNUNGAN DI DESA BETAO KABUPATEN SIDRAP_Turnitin.pdf
Download (3MB)
Abstract
The importance of soft skills for the young generation is the rationale for this community service program. The focus of the present program is to increase the interest oflearning English for highlanders based on environmental/natural folklore books and soft skillenhancement for Karang Taruna in Betao Village, Pituriawa District, Sidrap. The specific purpose is to enhance learning interest and improve English (soft skills). The methods used in the program are the question and answer and discussion to identify knowledge and supporting technology. The lecturing method was used during the learning process and theoretical understanding of English. The results showed that English learning based on natural-themed storybooks is easier for students to understand. Using the book, the students have considerable improvement. In addition, another result was that young people and children could rapidly learn English and become the beginning of other activities.
Pentingnya softskill bagi generasi muda menjadi dasar atas penyusunan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini. Fokus dari kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan minat belajar bahasa inggris masyarakat pegunungan berbasis buku cerita rakyat lingkungan/alam sekitar serta peningkatan softskill mitra Karang Taruna Desa Betao Kecamatan Pituriawa Kabupaten Sidrap. Tujuan khusus dalam PKM ini adalah dalam rangka untuk peningkatan minat belajar serta peningkatan ketrampilan Bahasa Inggris (soft skill). Beberapa metode yang digunakan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah metode tanya jawab dan diskusi untuk mengidentifikasi pengetahuan dan teknologi pendukungnya. Metode ceramah digunakan pada saat proses belajar dan pemahaman teoritis bahasa inggris. Hasil pengabdian masyarakat yang telah dilatih menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris berbasis buku cerita bertema alam lebih mudah di mengerti oleh siswa yang diajar. Dengan menggunakan metode ini, terjadi peningkatan yang cukup baik bagi peserta didik. Selain itu, hasil lain yang diperoleh adalah para pemuda dan anak-anak lebih cepat menyerap materi pembelajaran Bahasa Inggris dan kegiatan ini juga menjadi awal untuk kegiatan lainnya.
Item Type: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Inggris; buku bergambar; soft skill |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Jurnal |
Depositing User: | Mardiana Astuti Amin |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 03:57 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 03:57 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1043 |