Hutangalu, Oskar and Manullang Orba, Sardjana and Hamid, Mulyadi and arief, Abdul Samad (2020) How The Research Skills Development Framework May Be Useful Indonesia Higher Education Learning Practice. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3). ISSN 2503 - 1481
HOW THE RESEARCH SKILLS DEVELOPMENT FRAMEWORK MAY BE USEFUL FOR INDONESIAN HIGHER EDUCATION LEARNING PRACTICE.pdf
Download (224kB)
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk meninjau kegunaan Kerangka Pengembangan Keterampilan Penelitian (RSD) di kalangan mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Konsep RSD telah berkontribusi pada model pembelajaran berbasis penelitian di kalangan siswa di Australia dan negara barat lainnya, baik di kalangan siswa sekolah dasar maupun perguruan tinggi. Karena kerangka kerja penelitian ini berhasil di banyak negara, kami berencana untuk meninjau dan melihat kegunaan kerangka RSD bagi kalangan akademik di Indonesia. Untuk memudahkan peninjauan inii, kami telah mencoba mereview beberapa dokumen penting terkait dengan konsep, penerapannya, evaluasi beserta rubrik penilaiannya dari kerangka riset ini. Selanjutnya, kami melaporkannya sebagai dokumen pengenalan kerangka pengembangan penelitian. Dengan harapan dokumen ini menjadi cikal bakal pengenalan dan pengembangan di kalangan perguruan tinggi khususnya yang sedang menyelesaikan tugas-tugas akademik yang melibatkan keterampilan penelitian untuk keperluan publikasi atau tujuan pengembangan kecakapan riset akademik. Namun, banyak hal yang akan menantang studi semacam ini, sesuatu yang baru bagi konsep studi konfirmatif di Indonesia, termasuk beberapa istilah baru dalam kerangka riset yang membutuhkan notasi pemahaman
Item Type: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum |
Divisions: | Jurnal |
Depositing User: | Admin Repository UNIFA |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 02:39 |
Last Modified: | 20 Apr 2023 02:39 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/294 |