Analisis Penerapan Standar Pelayanan Publik Pada Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara

Sholichan, Anis (2024) Analisis Penerapan Standar Pelayanan Publik Pada Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Tesis (S2) thesis, Universitas Fajar.

[thumbnail of ANIS SHOLICHAH MM24.pdf] Text
ANIS SHOLICHAH MM24.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian adalah: 1) Penerapan standar pelayanan publik di Kecamatan Penajam secara umum cukup baik dan cukup memberikan kepuasan kepada masyarakat. Namun masih diperlukan perbaikan dan peningkatan kualitas penerapan pelayanan publik; 2) Penyusunan, penetapan dan penerapan Standar Pelayanan di Kecamatan Penajam telah memenuhi prinsip-prinsip dalam Permenpan Nomor 15 Tahun 2014 antara lain sederhana, akuntabel, berkelanjutan dan keadilan. Namun belum memenuhi prinsip partisipatif dan transparansi; 3) Terdapat beberapa jenis layanan dengan rincian per komponen standar pelayanan yang belum ditetapkan dalam Surat Keputusan Camat Penajam Kabupaten Penajam Psaer Utara Nomor: 060/129/Kec.PNJ-Umum/XI/2023 tentang Penetapan Standar Pelayanan di Kecamatan Penajam; 4) Sosialisasi terkait Standar Pelayanan Kecamatan Penajam yang telah ditetapkan belum dilaksanakan kembali sehingga mempengaruhi pemahaman petugas layanan terhadap pelaksanaan pelayanan publik; 5) Publikasi terkait Standar Pelayanan Kecamatan Penajam belum dilakukan melalui media elektronik maupun media non elektronik.

Item Type: Thesis (Tesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan, Pelayanan Publik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 307 Komunitas
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Fifieana Fifieana
Date Deposited: 25 Jun 2025 05:42
Last Modified: 25 Jun 2025 05:42
URI: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item
View Item