Sholichan, Anis (2024) Analisis Penerapan Standar Pelayanan Publik Pada Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Tesis (S2) thesis, Universitas Fajar.
![[thumbnail of ANIS SHOLICHAH MM24.pdf]](https://repository.unifa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ANIS SHOLICHAH MM24.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil penelitian adalah: 1) Penerapan standar pelayanan publik di Kecamatan Penajam secara umum cukup baik dan cukup memberikan kepuasan kepada masyarakat. Namun masih diperlukan perbaikan dan peningkatan kualitas penerapan pelayanan publik; 2) Penyusunan, penetapan dan penerapan Standar Pelayanan di Kecamatan Penajam telah memenuhi prinsip-prinsip dalam Permenpan Nomor 15 Tahun 2014 antara lain sederhana, akuntabel, berkelanjutan dan keadilan. Namun belum memenuhi prinsip partisipatif dan transparansi; 3) Terdapat beberapa jenis layanan dengan rincian per komponen standar pelayanan yang belum ditetapkan dalam Surat Keputusan Camat Penajam Kabupaten Penajam Psaer Utara Nomor: 060/129/Kec.PNJ-Umum/XI/2023 tentang Penetapan Standar Pelayanan di Kecamatan Penajam; 4) Sosialisasi terkait Standar Pelayanan Kecamatan Penajam yang telah ditetapkan belum dilaksanakan kembali sehingga mempengaruhi pemahaman petugas layanan terhadap pelaksanaan pelayanan publik; 5) Publikasi terkait Standar Pelayanan Kecamatan Penajam belum dilakukan melalui media elektronik maupun media non elektronik.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standar Pelayanan, Pelayanan Publik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 307 Komunitas |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Fifieana Fifieana |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 05:42 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 05:42 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/2323 |