Bala, Irfan (2022) Analisa Kinerja Persimpangan Tak Bersinyal Studi Kasus Jalan Bersimpangan Jalan Borong Raya - Todoppuli Raya Timur - Batu Raya. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.
![[thumbnail of IRFAN BALA SIP22.pdf]](https://repository.unifa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IRFAN BALA SIP22.pdf
Download (2MB)
Abstract
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) membedakan antara persimpangan lampu lalu lintas dan persimpangan non-lampu lalu lintas. Simpang tak bermarka dikendalikan oleh peraturan lalu lintas dasar Indonesia yang memberi jalan bagi kendaraan sebelah kiri, sedangkan simpang bertanda
dikendalikan oleh lampu lalu lintas. Metode ini mengasumsikan bahwa perpotongan tegak lurus terhadap alinyemen bidang, dihitung berdasarkan
pendekatan empiris bukan berdasarkan metode “pengambilan celah”. Persimpangan tak bersinyal paling efektif apabila daerah konflik lalu lintas didefinisikan dengan baik. Oleh karena itu persimpangan ini sangat cocok untuk
persimpangan antara jalan dua lajur yang tidak terbagi. Untuk persimpangan antara jalan yang lebih besar, misalnya antara dua jalan empat lajur, penutupan daerah konflik dapat dengan mudah terjadi sehingga menyebabkan gangguan sementara lalu lintas. Meskipun perilaku lalu lintas pada simpang yang tidak dilaporkan dengan tundaan rata-rata dalam jangka waktu yang lebih lama lebih rendah dibandingkan dengan jenis simpang lainnya, simpang ini masih lebih disukai karena beberapa kapasitas dapat dipertahankan bahkan pada kondisi lalu lintas puncak.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simpang Takbersinyal, Kapasitas Jalan, Volume Lalulintas |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Nurmila Sari |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 01:47 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 01:47 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1846 |