Suppu, Herman (2022) Analisa Faktor Penyebab KerusakanJalan Akibat Beban Kendaraan (Studi Kasus Jalan Belang-Belang Sampai Jembatan Pute' Kab.Maros). Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.
![[thumbnail of HERMAN SUPPU SIP22.pdf]](https://repository.unifa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HERMAN SUPPU SIP22.pdf
Download (2MB)
Abstract
Untuk mengetahui ruas jalan poros Maros-Pangkep yang penulis tinjau apakah jalan tersebut, mengalami kelebihan muatan (overload) atau tidak. Serta untuk mengetahui dan meninjau sebarapa besarkah pengaruh kerusakan yang dipengaruhi atau diakibatkan oleh pengaruh beban sumbu kendaraan (overload). Yang terjadi pada ruas jalan poros Maros-Pangkep yang penulis tinjau sepanjang 3 kilometer. Penelitian ini menggunakan metode bina marga yaitu angka yang menyatakan perbandingan tingkat kerusakan yang ditimbulkan oleh suatu lintaan beban sumbu tunggal/ganda kendaraan terhadap tingkat kerusakan yang ditimbulkan oleh suatu lintasan beban standar.Penelitian ini menggunakan metode bina marga untuk mengetahui nilai Truck Factor yang akan menentukan tingkat kerusakan Jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa jalan Poros Maros-Panggkep yang ditinjau sejauh 3 kilometer, dengan didapatnya angka Truck Factor pada jalan > 1,yaitu sebesar 9,64 maka jalan poros maros-pangkep dinyatakan overload.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ESAL, CESAL Faktor Truk, Metode Bina Marga Beban Sumu Overload |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Nurmila Sari |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 02:37 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 02:37 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1842 |