Ambalangi, Einstein (2022) Penggunaan Limbah Buah Pinus Sebagai Filler Pada Aspal Porus Menggunakan Aspal Minyak. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.
![[thumbnail of EINSTEIN AMBALANGI SIP22.pdf]](https://repository.unifa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EINSTEIN AMBALANGI SIP22.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan abu buah pinus sebagai substitusi filler pada perkerasan aspal porus dengan menggunakan aspal minyak. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimental di Laboratorium yaitu dengan pengujian marshall dan cantabro. Benda uji yang dibuat sebanyak 24 buah. Variasi filler yaitu 0%, 15%, 30%, dan 45% dengan kadar aspal minyak Pen 60/70 sebanyak 5,5%, yang mengacu pada spesifikasi Road Engineering Association of Malaysia (REAM). Dari hasil pengujian nilai parameter marshall, disimpulkan bahwa nilai pada VMA, Stabilitas, Flow dan Marshall Question (MQ) yang menggunakan abu buah pinus telah memenuhi ketentuan, Sedangkan pada VIM dan VFB tidak memenuhi ketentuan sama sekali. Berdasarkan pengujian nilai kehilangan berat yaitu 0%=4,877%, 15%=3,272, 30%=2,029, dan 45%=1,799 telah memenuhi spesifikasi REAM (2008) yaitu ≤15%. Yang menunjukkan bahwa campuran aspal porus yang menggunakan filler abu buah pinus pada variasi filler 45% merupakan komposisi yang optimum dengan tingkat keausan terkecil yaitu 45%=1,799. Sehingga penggunaan abu buah pinus sebagai filler dengan variasi 45% ini terhadap perkerasan aspal dapat memberikan kontribusi dalam ketahanan perkerasan aspal terhadap gesekan roda kendaraan dengan permukaan jalan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspal Porus, Abu Buah Pinus, Pengujian Marshall, Cantabro, REAM |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 691 Material bangunan, bahan bangunan |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Nurmila Sari |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 02:21 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1820 |