Studi Kinerja Perkerkerasan Aspal Porus dengan Menggunakan Batu Kapur Muna sebagai Subtitusi Filler

Zamrin, Zamrin (2022) Studi Kinerja Perkerkerasan Aspal Porus dengan Menggunakan Batu Kapur Muna sebagai Subtitusi Filler. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.

[thumbnail of ZAMRIN SIP.pdf] Text
ZAMRIN SIP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dari hasil pengujian marshall didapatkan nilai optimum yaitu pada variasi filler batu kapur yaitu 75% dengan nilai VIM sebesar 16,38%, VMA sebesar 26,30%, VFB sebesar 38,59%, Stabilitas sebesar 996,13 Kg, Flow sebesar 3,33 mm, MQ sebesar 298,98 Kg/mm. Namun untuk nilai VIM dan VFB tidak memenuhi spesifikasi REAM. Dari hasil pengujian cantabro didapatkan nilai kehilangan berat yaitu 0%=10,313%, 25%=14,329, 50%=14,285, 75%=14,073, dan 100%=14,073 telah memenuhi spesifikasi REAM (2008) yaitu ≤15%. Yang menunjukkan bahwa campuran aspal porus yang menggunakan filler batu kapur muna pada variasi filler 75% dan 100% merupakan komposisi yang optimum dengan tingkat keausan terkecil yaitu 75%=14,073 dan 100%=14,073. Sehingga penggunaan babtu kapur muna sebagai filler dengan variasi 75% dan 100% ini terhadap perkerasan aspal dapat memberikan kontribusi dalam ketahanan perkerasan aspal terhadap gesekan roda kendaraan dengan permukaan jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Aspal Porus, Pengujian Marshall, Pengujian Cantabro, REAM
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Admin Repository UNIFA
Date Deposited: 08 Mar 2025 02:15
Last Modified: 08 Mar 2025 02:57
URI: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item
View Item