Zamrin, Zamrin (2022) Studi Kinerja Perkerkerasan Aspal Porus dengan Menggunakan Batu Kapur Muna sebagai Subtitusi Filler. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.
![[thumbnail of ZAMRIN SIP.pdf]](https://repository.unifa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ZAMRIN SIP.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dari hasil pengujian marshall didapatkan nilai optimum yaitu pada variasi filler batu kapur yaitu 75% dengan nilai VIM sebesar 16,38%, VMA sebesar 26,30%, VFB sebesar 38,59%, Stabilitas sebesar 996,13 Kg, Flow sebesar 3,33 mm, MQ sebesar 298,98 Kg/mm. Namun untuk nilai VIM dan VFB tidak memenuhi spesifikasi REAM. Dari hasil pengujian cantabro didapatkan nilai kehilangan berat yaitu 0%=10,313%, 25%=14,329, 50%=14,285, 75%=14,073, dan 100%=14,073 telah memenuhi spesifikasi REAM (2008) yaitu ≤15%. Yang menunjukkan bahwa campuran aspal porus yang menggunakan filler batu kapur muna pada variasi filler 75% dan 100% merupakan komposisi yang optimum dengan tingkat keausan terkecil yaitu 75%=14,073 dan 100%=14,073. Sehingga penggunaan babtu kapur muna sebagai filler dengan variasi 75% dan 100% ini terhadap perkerasan aspal dapat memberikan kontribusi dalam ketahanan perkerasan aspal terhadap gesekan roda kendaraan dengan permukaan jalan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspal Porus, Pengujian Marshall, Pengujian Cantabro, REAM |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Admin Repository UNIFA |
Date Deposited: | 08 Mar 2025 02:15 |
Last Modified: | 08 Mar 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1797 |