Yulianti, Yulianti (2023) Determinan Penentu Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Universitas Fajar. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.
![[thumbnail of YULIANTI AKA23.pdf]](https://repository.unifa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YULIANTI AKA23.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan penentu pemahaman akuntansi mahasiswa Universitas Fajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer yaitu menyediakan pernyataan dalam bentuk angket (kuesioner) yang dibagikan kepada responden yang merupakan Angkatan 2019 program studi S1 Akuntansi Universitas Fajar dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasinya adalah mahasiswa Angkatan 2019 program studi S1 Akuntansi sebanyak 115 mahasiswa, di mana sampel yang diambil berjumlah 53 mahasiswa.
Hasil data variabel penelitian tersebut telah diuji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil data variabel penelitian tersebut telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, multikolonieritas dan heteroskedastisitas. Metode analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi sedangkan kecerdasan sosial berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, pemahaman Akuntansi |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Ilmu-Ilmu Sosial > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Nurmila Sari |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 03:48 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1748 |