Pengaruh Nilai Budaya Malaysia Dalam Animasi Upin Ipin Terhadap Perilaku Komunikasi Siswa SD Kristen Elim Makassar

Steven, Steven (2023) Pengaruh Nilai Budaya Malaysia Dalam Animasi Upin Ipin Terhadap Perilaku Komunikasi Siswa SD Kristen Elim Makassar. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.

[thumbnail of STEVEN KOM23.pdf] Text
STEVEN KOM23.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak nilai budaya dalam serial animasi Upin dan Ipin terhadap perilaku komunikasi siswa di SD Kristen Elim Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan 169 siswa kelas 1-3 SD Kristen Elim Makassar sebagai sampel yang dipilih berdasarkan karakteristik usia, jenis kelamin, dan kelas siswa. Metode survei dilakukan melalui penggunaan kuesioner daring dengan Google Form. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai budaya (X) secara keseluruhan berdampak signifikan terhadap perilaku komunikasi siswa (Y). Secara spesifik, variabel nilai budaya memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap perilaku komunikasi siswa. Hasil analisis R-squared (R2) menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan sekitar 48,3% dari variasi dalam perilaku komunikasi siswa. Sementara 51,3% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor independen lain yang tidak termasuk dalam lingkup penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Budaya, Upin dan Ipin, Pola Komunikasi
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 791 Pertunjukan umum
Divisions: Fakultas Ekonomi & Ilmu-Ilmu Sosial > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nurmila Nurmila Sari Sari
Date Deposited: 14 Feb 2025 00:54
Last Modified: 14 Feb 2025 00:54
URI: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item
View Item