Dwi Putra, Muhammad Farhan (2023) Analisis Semiotika Kritik Terhadap Perilaku Konsumtif pada Lirik Lagu "Belanja Terus Sampai Mati" Karya Efek Rumah Kaca. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.
![[thumbnail of MUHAMMAD FARHAN DWI PUTRA KOM23.pdf]](https://repository.unifa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MUHAMMAD FARHAN DWI PUTRA KOM23.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efek Rumah Kaca menggunakan lirik lagu "Belanja Terus Sampai Mati" untuk menyampaikan pesan kritis mengenai fenomena konsumerisme yang terjadi dalam masyarakat. Konsumerisme yang dipromosikan oleh media massa dan industri periklanan seringkali memengaruhi individu untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, dengan dampak negatif terhadap kesehatan, keuangan, dan lingkungan.Saat ini, terjadi pergeseran dari masyarakat yang berfokus pada produksi menjadi masyarakat yang berfokus pada konsumsi. Konsumsi tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan materi, tetapi juga sebagai alat untuk menciptakan identitas sosial, mendapatkan kepuasan pribadi, dan membangun citra diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, Konsumerisme, Belanja Terus Sampai Mati |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 352 Pertimbangan umum administrasi publik 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 352 Pertimbangan umum administrasi publik > 352.48 Budgeting of Public Administration/Anggaran Administrasi Negara |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Ilmu-Ilmu Sosial > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nurmila Nurmila Sari Sari |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:34 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:34 |
URI: | https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1482 |