Analisis Semiotika Kritik Terhadap Perilaku Konsumtif pada Lirik Lagu "Belanja Terus Sampai Mati" Karya Efek Rumah Kaca

Dwi Putra, Muhammad Farhan (2023) Analisis Semiotika Kritik Terhadap Perilaku Konsumtif pada Lirik Lagu "Belanja Terus Sampai Mati" Karya Efek Rumah Kaca. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.

[thumbnail of MUHAMMAD FARHAN DWI PUTRA KOM23.pdf] Text
MUHAMMAD FARHAN DWI PUTRA KOM23.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efek Rumah Kaca menggunakan lirik lagu "Belanja Terus Sampai Mati" untuk menyampaikan pesan kritis mengenai fenomena konsumerisme yang terjadi dalam masyarakat. Konsumerisme yang dipromosikan oleh media massa dan industri periklanan seringkali memengaruhi individu untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, dengan dampak negatif terhadap kesehatan, keuangan, dan lingkungan.Saat ini, terjadi pergeseran dari masyarakat yang berfokus pada produksi menjadi masyarakat yang berfokus pada konsumsi. Konsumsi tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan materi, tetapi juga sebagai alat untuk menciptakan identitas sosial, mendapatkan kepuasan pribadi, dan membangun citra diri.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Konsumerisme, Belanja Terus Sampai Mati
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 352 Pertimbangan umum administrasi publik
300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 352 Pertimbangan umum administrasi publik > 352.48 Budgeting of Public Administration/Anggaran Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi & Ilmu-Ilmu Sosial > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nurmila Nurmila Sari Sari
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:34
Last Modified: 12 Feb 2025 07:34
URI: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item
View Item