Strategi Cool Japan Initiative dalam Ekspansi Industri Kreatif di Indonesia 2011-2019

Putra, Dendi Satria (2023) Strategi Cool Japan Initiative dalam Ekspansi Industri Kreatif di Indonesia 2011-2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Fajar.

[thumbnail of DENDI SATRIA PUTRA HI23.pdf] Text
DENDI SATRIA PUTRA HI23.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cool Japan Initiative menerapkan dua strategi yaitu melakukan kerjasama dengan Indonesia dalam pengembangan industri kreatif dan melakukan promosi dan pemasaran melalui berbagai acara dan festival budaya, serta pendanaan bagi proyek-proyek industri kreatif yang menunjukkan potensi pasar di Indonesia. Pada strategi pertama Indonesia dan Jepang berhasil melakukan pengembangan industri kreatif terlihat dengan berdirinya dapur Iron Cheff dan mendirikan grup idola kolaborasi AKB48 dengan JKT48 pada tahun 2011, serta kolaborasi antara sektor swasta Jepang dan Indonesia juga telah menciptakan beberapa produksi bersama dan outsourcing dalam bidang konten kreatif. Pada strategi yang kedua hasil strategi tersebut tidak terlihat secara menyeluruh, dan hanya mempengaruhi penggemar budaya populer Jepang di Indonesia. Dengan kata lain, penelitian ini menemukan bahwa strategi Jepang tidak berhasil membuat masyarakat Indonesia yang awalnya tidak tertarik dengan budaya populer Jepang menjadi tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Cool Japan Initiative, Ekspansi, Industri Kreatif, Indonesia,
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 337 Ekonomi internasional
Divisions: Fakultas Ekonomi & Ilmu-Ilmu Sosial > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: Admin Repository UNIFA
Date Deposited: 14 Jan 2025 01:43
Last Modified: 14 Jan 2025 01:43
URI: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item
View Item