Analisis Bauran Pemasaran Berbasis Budaya Lokal Di Kabupaten Penajam Paser Utara (Studi Kasus Festival Nondoi)

Wahyuni, Andi and Rukaiyah, St. Rukaiyah and Suyuti, Nurmadhani Fitri and Mujahid, Mujahid and Wahyu, Wahyu (2024) Analisis Bauran Pemasaran Berbasis Budaya Lokal Di Kabupaten Penajam Paser Utara (Studi Kasus Festival Nondoi). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4 (2). pp. 4172-4187. ISSN 2807-4238 (E) 2807-4246 (P)

[thumbnail of 4172-4187.pdf] Text
4172-4187.pdf

Download (291kB)

Abstract

This research aims to determine and analyze tourism marketing strategies based on local culture in North Penajam Paser Regency. This type of research uses descriptive qualitative. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Data analysis uses SWOT analysis. The research results show that the tourism marketing strategy based on local Nondoi ritual culture to attract tourists to visit North Penajam Paser Regency is by developing culture-based tour packages, using social media and digital marketing, strengthening security and safety, partnerships with tourism agencies, strengthening security and safety, partnerships with tourism agencies, crisis management and sustainability and diversification of income sources.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran Wisata berbasis budaya lokal di Kabupaten Penajam Paser Utara. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran Wisata Berbasisbudaya lokal ritual Nondoi untuk menarik wisatawan berkunjung Ke Kabupaten Penajam Paser Utara adalah dengan pengembangan paket wisata berbasis budaya, penggunaan media sosial dan pemasaran digital, penguatan keamanan dan keselamatan, kemitraan dengan instansi pariwisata, penguatan keamanan dan keselamatan, kemitraan dengan instansi pariwisata, manajemen krisis dan keberlanjutan dan diversifikasi sumber pendapatan.

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: Budaya Lokal, Festival Nondoi, Strategi Pemasaran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mardiana Astuti Amin
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:19
Last Modified: 08 Aug 2024 06:19
URI: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item
View Item