Strategi Manajemen Pelayanan Terhadap Organisasi Masyarakat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur

Bahtiar, Bahtiar and Mujahid, Mujahid and Rukaiyah, St. Rukaiyah (2023) Strategi Manajemen Pelayanan Terhadap Organisasi Masyarakat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur. POMA JURNAL : Publish Of Management, 1 (1). pp. 275-288. ISSN 3025-1699 (E)

[thumbnail of 274-288+Bahtiar.pdf] Text
274-288+Bahtiar.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Manajemen Pelayanan terhadap Organisasi Masyarakat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur. Lokasi penelitian yaitu di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara. Adapun waktu penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai dengan Oktober 2023. Informan penelitian ini berjumlah 7 informan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu Kondensasi data, Penyajian data, dan Verifikasi data (kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui Atribut layanan masyarakat terkait sarana dan prasarana sudah sangat menunjang para pengawai untuk memberikan layanan administarsi dan pemasaran/penyampaian layanan. Pendekatan untukpenyempurnaan kualitas layanan, dari segi biaya sudah sesuai dengan SOP namun dari segi waktu belum sempurna dalam menyelesaikan beberapa surat. Implementasi manajemenn, tahap seleksi ini merekrut pegawai harus mengikuti tes namun segi pelatihan masih kurang dikarenakan hanya mengikuti pelatihan satu kali setahun, Tahap prosedur layanan sudah efektif karena dapat memberitahukan dengan baik dan jelas, dan Tahap kepuasan pelanggan dilihat sangat puas dari sarana yang diberikan dan keramahan pegawainya. Sistem umpan balik, dari segi memahani persepsi pelanggan sudah baik karena dapat memberikan jalan keluar setiap permasalahan dialami masyarakat sedangkan dalam mempertahankan kinerja juga sudah baik karena menerapkan sikap kedisiplinan dan motivasi.

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan, Organisasi Masyarakat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial > 300.6 Organization and Management/Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mardiana Astuti Amin
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:44
Last Modified: 08 Aug 2024 05:44
URI: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item
View Item