Pelatihan Media Pembelajaran Secara Virtual di Masa Pandemi Covid-19

Tamrin, Andi Febriana and Parwoto, Parwoto (2021) Pelatihan Media Pembelajaran Secara Virtual di Masa Pandemi Covid-19. Buletin Udayana Mengabdi, 2 (4). pp. 300-306.

[thumbnail of PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID19.pdf] Text
PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID19.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID-19_Turnitin.pdf] Text
PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA VIRTUAL DI MASA PANDEMI COVID-19_Turnitin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Learning media is important in the learning process. However, in use it is often ignored by teachers for various reasons. This community service activity aims to provide assistance to train early childhood education and development (ECED) teachers in making interactive learning media. The community service participants are approximately 5 ECED teachers. The method used is descriptive method. The mentoring activity was carried out five times by presenting the material then continued with training on making interactive learning media. The conclusion of the implementation carried out can provide new knowledge to teachers in using learning media and using technology in the learning process. The resulting learning media are in the form of videos and picture books that can attract students' attention to study independently.

Media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Meski demikian, dalam penggunaannya seringkali diabaikan oleh pengajar dengan berbagai alasan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan pendampingan untuk melatih guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam membuat media pembelajaran interaktif. Peserta pengabdian merupakan guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini kurang lebih 5 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Kegiatan pendampingan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan dengan melakukan penyajian materi kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif. Kesimpulan pelaksanaan yang dilakukan dapat memberikan pengetahuan baru kepada para guru dalam menggunakan media pembelajaran dan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa video dan buku bergambar yang dapat menarik perhatian siswa-siswa untuk belajar mandiri.

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, paud, video, buku cerita, pendampingan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mardiana Astuti Amin
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:54
Last Modified: 01 Aug 2024 03:54
URI: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1039

Actions (login required)

View Item
View Item