Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris

Yusri, Yusri and Rosida, Ana and Jufri, Jufri and Mantasiah, Mantasiah R (2018) Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2 (2). pp. 77-82.

[thumbnail of ana rosida youtube.pdf] Text
ana rosida youtube.pdf

Download (381kB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of using youtube media based on various approaches in improving the learning motivation of English learners. This research is a classroom action research. Data collection techniques used in this study consisted of observations and questionnaires. The subjects in this study were 35 people. This research was carried out in two cycles, each meeting held two meetings. In the initial test, the average learning motivation was 33.74, in the first cycle was 41.25 and in the second cycle was 48.28. Therefore, if we compare it from the initial test to the second cycle test. There is an increase of 14.54. This shows that the use of youtube media has an effect on increasing students' motivation to learn English.

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media youtube berbasis various approaches dalam meningkatkan motivasi belajar pembelajar bahasa Inggris.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas observasi dan angket. Subjek dalam penelitian ini ialah berjumlah 35 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Pada tes awal, rata-rata motivasi belajar sebesar 33,74, pada siklus pertama sebesar 41,25 dan pada siklus kedua sebesar 48,28. Maka dari itu, jika kitabandingkan dari tes awal sampai pada tes siklus kedua. Terdapat peningkatan sebesar 14,54. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media youtube berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa.

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: Various Approaches, Bahasa Inggris, Media Youtebe, Motivasi Belajar
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Divisions: Jurnal
Depositing User: Mardiana Astuti Amin
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:30
Last Modified: 25 Jul 2024 06:30
URI: https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item
View Item